Kamis, 05 Juli 2012

Nama-nama Hebat di Dunia Teknologi Informasi


1.   Ada agusta lorelace (1815-1853) adalah anak perempuan dari Lord Bayron seorang seniman Amerika. Ia dikenal sebagai seorang penulis perangkat lunak pertama. Sejak kecil ia telah tampak mempunyai bakat untuk memainkan alat-alat musik dengan baik. Pada usia 15 tahun, ia sudah menguasai goniometri.

Nama Ada Agusta diabadikan pada sebuah bahasa computer, yaitu Ada. Pada tahun 1983, Ada merupakan satu-satunya bahasa computer yang digunakan pada Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk mengatur dan mengendalikan alat-alat perang.
 
      2.   Wayne Ratliff. Ia seorang ahli NASA Amerika yang juga menulis suatu program untuk aplikasi bisnis. Pada waktu itu programnya dipasarkan dan diberi nama Vulkan, namun program ini kurang sukses di pasaran.

Sementara itu Geoger Tate dan Hal Lachle mengadakan kontrak dengan Wayne Ratliff untyk memasarkan Vulkan tersebut. Nama Vulkan di ubah menjadi dBASE-II yang dipasarkan pada tahun 1981 dengan nama perusahaannya Ashton Tate. dBASE-II tersebut langsung mendapatkan pasaran dan menjadi program yang laris.

      3.   John Barnby. Ia sangat dikenal sebagai seorang penulis program pengolah kata WordStar. Ia menulis program pengolah kata atas permintaan Seymour Rubinstein. Sebelum menulis program pengolah kata, ia melakukan kunjungan ke beberapa tempat penjualan perangkat lunak untuk mengetahui keinginan masyarakat tentang perangkat lunak komputer.

Program WordStar itu dipasarkan atas nama perusahaan Micrososft dan langsung sukses di pasaran. Antara tahun 1985-1995 Wordstar sangat popular di Indonesia, bahkan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan saat itu men-sosialisasikannya dalam bentuk Ujian Nasional Komputer untuk jenis pendidikan luar sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat.

      4.  William Henry Gates III atau lebih dikenal dengan Bill Gates, lahir di Seatle, Washington pada tanggal 29 Oktober 1955. Ayahnya bernama Bill Gates Jr. dan ibunya bernama Mary. Bill adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Sejak kecil Bill mempunyai hobi hiking, bahkan kegiatan ini masih sering dilakukannya ketika ia sedang berpikir.

Bill dengan mudah melewati masa sekolah dengan nilai yang sangat memuaskan, terutama dalam pelajaran IPA dan mateman akademik yang baik, yang bernama Lakeside. Disekolah tersebut dalam satu minggu Bill sudah menghabiatika. Mengetahui hal ini orangtua Bill menyekolahkannya pada sekolah swasta yang terkenal dengan pembinaskan pelajaran computer dalam satu tahun.

Pada suatu hari Bill Gates membuat program system pembayaran untuk Information Science Inc. yang merupakan bisnis pertamanya. Kemudian bersama rekannya Paul Ellen mendirikan perusahaan pertama mereka yang disebut Traf-O-Data. Mereka membuat computer kecil yang mampu mengukur aliran lalu lintas.

Pada tahun 1973, Bill berangkat menuju Harvard University dan terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Hukum. Bill dengan baik mengikuti kuliah, namun sama seperti SMA, perhatiannya segera beralih ke computer. Selam di Harvard, hubungannya dengan Allen tetap dekat. Bill dikenal sebagai seorang jenius di Harvard. Bahkan, salah seorang guru Bill mengatakan bahwa Bill adalah programmer yang luar biasa jenius. Setahun kemudian Bill Gates mendirikan Microsoft.

Sampai saat ini tumbuh menjadi vendor software dan system operasi yang menguasai pangsa software dunia. Sistem operasinya selalu ditunggu-tunggu oleh pengguna teknologi informasi di dunia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar